Saturday, September 20, 2014

KWF 2014

Hai, semuanya!


...Krik.


Di pagi menjelang siang hari ini, gue mau bercerita tentang pengalaman pertama gue pergi ke festival-festival indoor yang diselenggarain di dalem sebuah Mall. 


Gue ikut karena iseng aja sekalian nemenin adek gue, daripada nggak ada kerjaan di rumah. 


Karena adek gue les dari jam tujuh pagi sampe jam sebelas, jadi dari pagi gue ngikut bokap dan adek gue ke tempat les dan nunggu sampe adek gue kelar.


Bokap ngajak gue buat nunggu di rumah bude gue yang kebetulan deket di daerah situ, tapi gue milih buat nunggu di tempat lesnya. Gue berencana nunggu di perpustakaan. Jadi, setelah nge-drop gue dan adek gue, bokap gue pun caw ke rumah bude.


Adek gue langsung masuk ke kelasnya yang terletak di lantai dua, gue pun naik tangga menuju lantai tiga, dimana perpustakaan berada. Itu masih jam tujuh kurang lima menit. 


Tapi, setelah gue sampe, gue baru sadar, kalo perpustakaan baru buka jam delapan tepat.


Gue harus nunggu selama 65 menit.


Dan gue berakhir duduk diem sendirian di kursi terdekat sambil main hape dan nyolong wi-fi gratis.


Penantian gue pun berakhir, perpustakaan dibuka. Dengan penuh semangat yang berkobar, gue titip tas di tempat penitipan barang dan masuk. Gue pun nyari buku yang menurut gue menarik.


Setelah gue baca buku sampe mampus, gue merasa haus. Itu sekitar jam 10:45. Gue pun ke kantin dan beli minuman.


Adek gue pun kelar. Bokap juga udah nunggu di parkiran. Akhirnya kita caw ke BayWalk Mall, tempat diselenggarakannya acara.


Oh iya, gue baru inget, gue belum jelasin festival macem apa yang gue liat. Festival ini namanya Korean Wave Festival, disingkat KWF, yang diselenggarakan hari Sabtu kemarin, tanggal 13 September 2014. 


Festival ini mempertontonkan para dancers yang niru dance-nya artis-artis Korea. Gak cuma dance, kostum dan riasannya juga.


Pokoknya dance cover (atau DC) deh gue belum cukup ngerti buat jelasin tentang DC. Dan katanya sih itu kompetisi, bakalan ada hadiahnya.


Adek gue adalah salah satu anggota grup DC yang akan tampil. Grup adek gue menampilkan tarian dari lagunya Girls Generation--salah satu girlband Korea--yang judulnya "Mr Mr". Tampilnya adek gue ini juga merupakan salah satu alasan kenapa gue mau ikut ngeliat KWF.


Perjuangan gue, adek, dan bokap menuju BayWalk Mall ini tidaklah mudah. Adek gue rela batere hapenya dikuras habis demi buka Maps, karena bokap gue udah lupa-lupa-inget sama jalannya.

Bokap gue baru inget saat kita udah di daerah Pluit. Udah macetnya naudzubillah, panasnya nyengat minta ampun bikin silau, ga bawa makanan dan minuman jadi cuma bisa meratapi nasib sambil nelen ludah di dalem mobil, dan gue serta adek gue mabok-mabokan mantengin hape saat mobil dalam keadaan jalan-berhenti-jalaan-ciiit-tautauberhenti-ngeeeng-jalanlagi.


Gue yang naik mobil sama bokap aja sesekali menggerutu di dalem hati gara-gara kepanasan. Gak gerah-gerah amat sih, silau aja gitu. Gak kebayang sama gue, gimana ya, perjuangan para peserta yang rumahnya jauh dari BayWalk Mall dan musti naik kendaraan umum... 


Setelah sampe, bokap gue pun misah dari gue dan adek gue. Beliau nongkrong-ngopi gaul disana, gue ngeliat persiapan yang dilakukan grup adek gue.


Ternyata persiapannya nggak mudah. Make kostum lah, make up-an lah, warnain rambut pake hair chalk lah... Belum latihannya, terus kalo make up-nya berantakan gara-gara keringetan.


Manager-nya sempet bercericit gak keruan, dan sedikit curhat ke gue, semuanya modal nekat, persiapan super mendadak. 

Tapi, menurut gue, penampilan grup adek gue dan grup yang satu agensi sama grup DC-nya adek gue bagus-bagus aja.

Berikut adalah sedikit dari banyak candid yang gue jepret.


Sebenernya, gue cuma fotoin penampilan dari dua grup, sih..

Tapi, silakan kalo mau liat, biar gue lampirkan.









P.S.:
Berhubung adek gue minta twitter DC-nya dipromosiin, jadi buat semua yang baca follow ya @GENIE_DC di twitter. Atau yang ga mau repot-repot nyari, klik ini aja -> @GENIE_DC :v

Adios!

Sunday, July 20, 2014

Panggilan Kecil

Selamat malam, semuanya! /krik krik krik/

Gue baru aja selesai video call di Skype sama seseorang. Yang bikin gue keinget sama suatu kejadian yang berlangsung di masa lalu. Udah lamaaa banget, waktu itu gue masih seorang bocah yang duduk di bangku Sekolah Dasar alias SD. Gue lupa kelas berapa, lima atau enam gitu.


Langsung aja ya. Peringatan nih sebelum membaca, gue ga bermaksud menuliskan suatu unsur yang terkesan rasis, namun ya mungkin sebagian orang bakalan nganggep cerita ini mengandung sesuatu berbau rasisme. 

Tapi sekali lagi, gue ga bermaksud melakukan itu. Dan bagi yang mungkin akan tersinggung, gue minta maaf sebesar-besarnya.


Waktu itu, gue ke rumah temen bokap gue, orang Spanyol. Tapi, istrinya orang Indonesia asli. Dan mereka punya tiga orang anak, tapi yang terlibat di cerita ini cuma salah seorang dari tiga anak itu. Sebut aja dia J, anak tengah dari tiga bersaudara. 

Dia setahun lebih tua dari gue. Namun, ini bukan kali pertama gue ke rumah keluarganya si J. Gue memang suka main ke rumahnya kalo ada waktu senggang. Selain itu, gue sudah akrab banget sama J, kakaknya, maupun adiknya.


Tapi, kali ini, ada tamu lain di rumahnya si J. Ada seorang bapak beserta istri dan anaknya. Tapi kali ini mereka bertiga bule tulen. Si bapak kayaknya orang African-American, karena kulitnya hitam. Sekali lagi, gue ga bermaksud buat rasis. 



Si ibu, terlihat jelas dari wajahnya kalo dia orang Amerika Latin. Tapi, anaknya adalah prototype dari bapaknya. Kulitnya hitam, badannya tinggi besar. Setinggi J, tapi badannya lebih gagah dari J. Kalo si J agak kurus.


Ayah gue, ayahnya si J dan orang African-American itu terlihat akraaab banget. Obrolannya kayaknya asik banget. Para emak juga sama, asyik menikmati topiknya. Tapi gue, J, dan cowok hitam itu hanyut tenggelam dalam diam. Suasana di antara kita jadi canggung, ga tau kenapa. 

Gue pengen kenalan sama cowok itu, tapi gue malu dan bingung harus ngomong apa buat mengawalinya.


Mungkin biar suasanya ga tambah garing kayak keripik singkong baru jadi, J ngajak kita buat keliling kompleks rumahnya pake sepedanya dia. 



Kita boti alias bonceng tiga. J yang kendarai sepeda, gue duduk sempit-sempitan di depannya J, kalo si cowok hitam berdiri di tempat yang emang udah disediakan di sepeda(?), megang bahunya J. 

Lapangan komplek itu lagi rame, banyak anak kecil. Rupanya ada tukang es krim.


J nawarin gue dan cowok itu es krim, dan bilang dia yang traktir. J ngomong sama si cowok pake bahasa Inggris. Mungkin si ini belum lancar kali ya ngomong bahasa Indonesia-nya, pikir gue.


J ninggalin kita berdua buat beli es krim. Gue dan si cowok duduk di pinggir lapangan tapi suasana masih canggung. Akhirnya, gue berinisiatif buat memulai percakapan.


Dan kemudian datanglah inti dari permasalahan ini.

Pada tau istilah, ehm, maaf, "nigga" kan? Nah, waktu itu, gue baru banget tau kalo nigga itu panggilan buat orang-orang berkulit hitam kayak orang Nigeria atau African-American kayak si cowok ini. 

Lanjut, gue pun ajak dia ngomong.

"Hey, what's your name, nigga? I'm Dian." Kata gue sambil senyum sok imut memperlihatkan deretan gigi-gigi gue.

Eh dia melototin gue. Tapi gue masih belum kepikiran ada sesuatu yang salah.

Tapi, dia lama-lama ngelihatin gue dengan tatapan gusar.

EH TAU-TAU GUE DITONJOK. TEPAT DI MUKA.

Dia jauh lebih gede dari gue. Tenaganya juga pasti lebih besar, percuma gue bales. Gue takut. Terus gue nangis kejer. -_- Tapi dia tiba-tiba panik terus manggil si J. 

J pun lari tergopoh-gopoh sambil membawa es krim. Dia pun bujuk-bujuk gue buat berhenti nangis. Gue pun langsung berhenti sesenggukan.


J nanya ke cowok itu apa yang terjadi. Si cowok cerita ke J. Tapi kata-kata yang bisa gue tangkep cuma "...dia manggil gue nigga." 

Gue yang masih ga ngerti pun ngedumel dalem hati. Emangnya what's so wrong sih dipanggil dengan sebutan itu?


Sampe rumahnya si J, gue langsung ngadu ke bokap gue kalo gue ditonjok sama si cowok hitam. Bokapnya J dan bokapnya cowok itu cuma ketawa-tawa. 

Bokap gue ngejewer kuping gue, dan bilang beliau bakal jelasin semuanya nanti, sepulang dari rumahnya J.


Gue, J, dan cowok itu pun ngumpul di suatu ruangan di loteng rumahnya J buat nonton film. Disitu, suasana pun ga garing kayak tadi. Si cowok hitam minta maaf karena udah mukul gue tadi, dan akhirnya gue pun udah berani buat mengakrabkan diri sama dia. Dia pun ngasih tau namanya, sebut aja D. Ternyata dia seumuran sama gue. 


Gue nanya ke D, apa salah gue sehingga dia sampe tega nonjok muka gue. D malah nganga dan ngelirik bingung ke arah J. Eh dia malah nanya balik. 

"Jadi tadi lo ga bermaksud ngejek gue?" (dalam bahasa Inggris)

Gue geleng-geleng. Dan nanya balik. "Engga lah! Emangnya di kalimat gue tadi ada unsur ejekan?"

Dia malah tatap-tatapan sama si J, terus ketawa ngakak. Gue makin bingung. Mereka nyuruh gue nanya sama bokap gue sepulang dari sana.

.
.
.

"Pa, emang tadi aku salah ngomong ya, sampe si D mukul aku?" tanya gue waktu di mobil.

Bokap gue malah sentil jidat gue. 

"Makanya, kalo ga tau arti pasti suatu kata jangan asal make. Kamu tau ga arti kata nigga?" tanya bokap gue. 

Gue jawab, "Itu panggilan kecil buat orang berkulit hitam kayak D gitu kan? Nah aku make panggilan itu buat sok akrab ke dia. Biar kita jadi deket. Eh ga taunya aku malah ditonjok."

Bokap gue ngakak. Lha, kok...?

"Gini. Sebutan itu, kalo dipake buat manggil orang hitam ya nggak sopan. Malah kesannya ngerendahin. Tau kan, jaman dulu derajatnya orang berkulit hitam itu dianggap rendah sama orang-orang berkulit putih. Nah kalo panggilan itu dipake oleh seorang yang bukan orang berkulit hitam buat manggil ras-ras kulit hitam, mereka bakal tersinggung karena ngerasa direndahin. Masih mending kalo cuma marah terus ngomel-ngomel. Kadang bisa aja dikeroyok, lho. Tapi, kalo sesama orang hitam manggil dengan sebutan nigga ya mereka ga akan tersinggung, karena satu ras. Rumit sih penjelasannya, tapi intinya begitu. Cari aja di internet buat lebih lengkapnya," Bokap gue menjelaskan.


Mulut gue membentuk huruf o kecil. Gue pun ngerasa idiot, udah sok-sokan make kata-kata slang yang artinya gue nggak tau pasti. Dan gue gak berminat buat mengulanginya lagi.

.
.
.
Epilog(?)


Sekarang, D dan keluarganya udah balik ke kampung halamannya, udah nggak tinggal di Indonesia lagi. Tapi gue masih berhubungan sama dia lewat surel, walaupun satu sama lain balesnya lama, karena sama-sama sibuk. 



Kalo sama J, gue masih sering main sama dia kalo liburan kosong, atau kalo gue sama dia lagi sama-sama gabut atau ga ada kerjaan.

^.^

Tuesday, July 8, 2014

Sebuah Post di Bulan Penuh Berkah

Assalamu'alaikum...


Berhubung gue nulis ini siang-siang, jadi, SELAMAT SIANG SEMUA!! /krik krik krik/


Setelah sekian lama ninggalin nih blog, akhirnya gue memutuskan buat balik lagi gara-gara gue lumutan di liburan gue yang super duper gabut. Kapanpun lu datengin rumah gue, pasti gue ada deh. Karena gue emang gak ada kesibukan atau kegiatan apapun, hahaha.


By the waaay, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan! Semangat puasanya. Jangan lemes klemat-klemot kayak gue, ya. 

Eit, bukannya gak kuat. 



Gue cuma lemes karena bosen aja, nggak ada kerjaan. Mau bantu kerja bebenah rumah, nanti yang ada gue malah bikin kerjaan mbak gue tambah banyak. Gue cuma bisa sekadar nyuci piring dan bantu bokap nyuci mobil... 

Bocah dungu emang.

Ngomongin bulan puasa, gue jadi inget pengalaman kelam gue. Tragedi ini terjadi saat gue kelas 5 SD. Udah lama banget sih, tapi gak bisa gue lupain, wkwk. 

Yaudah gue mau cerita. Kalo ga ada yang mau nyimak juga enggak apa-apa. *usap air mata pake kulit manggis*


Di suatu sore pada hari kedelapan di bulan Ramadhan tahun berapa gatau gue lupa yang jelas gue masih kelas 5 SD. Gue menghabiskan waktu ngabuburit buat main bola di lapangan dekat rumah sama anak-anak tetangga gue yang umurnya sebaya. 

Walaupun ada segelintir bocah yang jauh lebih muda dari gue, tapi permainan tetap mengasyikkan. #anjas


Setelah si pemilik bola capek dan memutuskan buat pulang dan tidur, akhirnya kita semua bubaran. 

Langit udah mulai gelap. Gue mikir, kenapa ya udah gelap gini adzan Maghrib belom berkumandang? 

Kemudian gue mikir lagi, mungkin gue nggak denger adzan karena keasyikan main.


Gue melangkah masuk ke dalam rumah dan mengucapkan salam, walaupun nggak ada yang jawab. Waktu itu, bapak gue lagi dinas ke luar kota, emak dan adek gue lagi jalan-jalan, dan mbak gue gak tau kemana. 

Gue ngelirik jam. Ternyata udah lewat sekitar 10~11 menit dari waktu buka puasa.


"Wah, bener juga. Udah buka. Alhamdulillah..." gue nyengir dan langsung nyamber segelas teh pahit yang ada di meja, yang dibikin khusus buat gue, berhubung gue lebih suka teh pahit. 

Gue ngambil gelas dan sendok kemudian kolak, duduk di sofa yang terletak berhadapan dengan televisi. Gue pun menyalakan tv, buat nonton acara kesayangan gue, Spongebob.
.
.

Ternyata eh ternyata.

.
.

Di tv, tertulis gede-gede yang bikin hati gue sakitnya minta ampun.

.
.


"ADZAN MAGHRIB UNTUK WILAYAH DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA". 

Barulah adzan berkumandang setelah tulisan itu ilang.


Gue taruh kolak di meja kecil dekat sofa. Sekujur tubuh gue rasanya lemes. Mata gue udah buram terhalang bulir-bulir air mata. 

Gue bingung, apa waktu buka puasa hari ini lebih lama dari biasanya?
.
.
.
.
.
.
.
.

Dan seketika gue inget, jam dinding yang tadi gue lihat, ternyata dipercepat 10 menit dari seharusnya, biar gue gercep pas pagi-pagi mau sekolah.

.
.
.

Gue lempar kacamata gue dengan gerakan dramatis. Gue nangis bombay dengan lebaynya ala sinetron tujuh season. Gue nggak mood makan dan minum ini itu. 

Yang gue lakukan hanya nangis terus-menerus sampe gue cegukan tanpa henti dan akhirnya mbak gue pulang, dan nanya apa yang terjadi. Gue ceritain semuanya sambil nangis-nangis, sampe ingus gue meler kemana-mana. 

Mbak gue malah ketawa. Bangke.


Dan sekarang gue nyengir-nyengir sendiri. Kenapa gue dulu idiot banget? 


Hikmah yang bisa diambil dari cerita gue barusan: PUASA ITU NAHAN NAFSU JANGAN MENTANG-MENTANG LANGIT UDEH GELAP LANGSUNG LU RAUP TUH MAKANAN. MAMPUS KAN.


Ya udah. Semoga post ini bermanfaat... bagi diri gue sendiri. (?)


Adios!