Menjadi Penyusup
Selamat
malam, semuanya!
Gue
mau berbagi pengalaman tentang hari ini. Sebuah hari Sabtu yang amat sangat
membosankan. Membosankan pada awalnya, tapi berakhir indah buat gue.
Mau tau kenapa?
Enggak mau? Ya udah. Gue bakal
tetep lanjutin ceritanya, kok.
Lah terus ngapain ya gue nanya.
Sabtu
pagi dari jam tujuh hingga jam sebelas, gue les Bahasa Inggris di suatu tempat.
Tapi, bagian les ini sebenernya nggak penting, cuma tambahan doang. Nah, jam
sebelas, gue dijemput oleh nyokap dan adek gue. Biasanya sih bokap yang jemput,
namun lantaran beliau ada tugas di kantornya, jadi nyokap yang jemput. Dan gue
nggak ngerti kenapa adek gue ikut dibawa juga.
Setelah
nyokap gue sampai, gue pun masuk ke dalam mobil dan duduk di bagian belakang.
Bukan bagasi, ya.
Suasana
di mobil mendadak canggung. Namun nyokap gue memulai pembicaraan.
“Kak,” mulainya.
“Ya?” gue nyaut.
“Mau ikut Mama nggak? Sama Adek
juga,” tawarnya.
“Ke?” tanya gue.
“*peep* Mall,” jawabnya.
Waduh, ke mall, keluh gue dalam hati. Gue akui,
gue lebih suka bolak-balik naik turun tangga rumah daripada ikut nyokap dan
adek gue ke mall. Kalo mereka berdua, bah pasti liat-liat baju. Bagi mereka sih
asyik, lha bagi gue?
Membosankan
dan super-duper melelahkan.
Akhirnya,
gue memutuskan buat nggak ikut.
“Nggak deh, Ma.” Jawab gue. Nyokap
gue cuma ngangguk-ngangguk. Beliau emang ngerti gue cepet bosen kalo liat-liat
baju atau belanja. Gue lebih suka liat-liat buku, nonton film, atau melakukan
sekadar perjalanan kuliner di mall. (?)
Gue pun
di-drop di rumah. Nyokap gue pun menyerahkan kunci pintu rumah ke gue. Dan
setelah gue turun dari mobil, beliau langsung cabut.
Gue masuk
kamar, menyalakan AC dan merebahkan diri di kasur. Ah, andaikan Mbak W masih kerja di sini. Mungkin gue gak bakalan
sebosen ini, keluh gue dalam hati.
Gue
buka-buka notif dari hape gue, dan memaksa diri buat tidur.
Tapi gagal.
/hiks
Akhirnya
gue nyalain tv yang emang ada di kamar. Sialnya, lagi nggak ada acara yang
menarik. Gue bingung gue harus apa.
Gue keluar
dari kamar dan berjalan lunglai menuju meja makan. Nggak ada apa-apa, cuma ada
cheese cake punya adek gue. Karena gue nggak suka keju, akhirnya nggak gue
makan. Gue bener-bener bosen dan pengen ngemil.
Akhirnya,
terbesit di pikiran gue buat nyari cemilan. Gue matiin AC kamar, gue
bersiap-siap, lalu gue ngeluarin motor. Gue kunci pintu rumah. Dan yeah, gue
cabut. Azeg.
Gue
mutar-muter dengan unyunya dengan motor itu, sambil sesekali melirik ke arah
manapun, kali aja ada cemilan yang menggoda. Tapi, udah sekian lama gue
mutar-muter, belum ada yang menggugah selera.
Tapi, entah
kenapa mata gue tertuju ke suatu tempat dimana diadakannya suatu pesta.
Kayaknya sih, pesta pernikahan. Soalnya ada janur kuning.
Entah gue
udah kehilangan akal sehat atau gimana, akhirnya gue menghentikan motor gue di
tempat parkir itu. Iseng. Gue gak peduli sama pakaian gue—sneakers, celana jeans
panjang dan kaos yang lengannya sedengkul. Gue taro helm di tempat penitipan.
Dan gue pun
masuk.
Mbak-mbak
penerima tamu memandang gue dengan tatapan agak curiga, namun sebelum suasana
menjadi canggung, gue bilang gini sambil nyengir, “Saya nyusul Mama saya, Mbak.”
“Oh.
Kalau begitu silakan masuk, Dek,” kata si Mbak sambil tersenyum lebar. Gue pun
masuk ke dalam. Banyak makanan-makanan menggiurkan.
Tanpa
salaman ke para mempelai, gue langsung aja ambil makanan sesuka hati gue. YOLO.
Lagian ngapain juga gue salam, toh gue sama sekali ga kenal sama mereka.
Dan
ternyata, makanannya enak juga. Gue pun nambah. Terus begitu. Gue nambah tiga
kali.
…Dasar bocah ga tau malu.
Setelah
perut gue kenyang, gue pun beranjak dari tempat duduk. Nyempil-nyempil di
gerombolan orang-orang yang mau pulang. Gue takut ketemu si Mbak penerima tamu,
nanti malah ditanya emak gue yang mana. Kan mampus gue.
Gue pun
cabut dari tempat itu dengan perasaan senang. Suasana hati gue menjadi riang
gembira. Setelah sampai di rumah, gue pun langsung tidur karena kekenyangan.
Dan
berencana akan mengulang hal ini serta mengajak temen gue, entah kapanpun itu.
…
No comments:
Post a Comment